Bagi Wawasan

Sabtu, 26 November 2016

Rebana DibaVersi Banyumas



Berbeda dengan rebana Diba versi Jakarta dan Cilacap, rebana Diba versi Banyumas menggunakan komposisi Bass yang lebih modern, yakni Bass Drum_salah satu alat musik dari jenis Marching Band. Sedangkan rebananya sendiri terdiri dari lima buah dengan diameter atau garis tengah yang sama : 35-37 cm X 8-9 cm, dengan tambahan satu buah Tamrien atau Markis. Sehingga jumlah keseluruhan rebana Diba versi Banyumas adalah tujuh buah. Sayang sekali versi ini pun jarang terdengar lagi gaungnya, tergantikan oleh rebana Hadrah Simtudh-Dhurar al-Habsyi/ al-Banjary ataupun versi habib Syeh. Hanya ada beberapa grup rebana saja yang masih bertahan dengan komposisi seperti ini, beberapa grup di daerah Jatilawang dan Sokaraja. Penikmat rebana Diba versi Banyumas kebanyakan orang tua baik kalangan ibu-ibu atau pun bapak. Syair yang biasa digunakan untuk mengiringi tepakan suaranya yang cenderung santai adalah kitab Maulid Ad-Diba'i atau al-Barjanzi. 



Sementara paduan suara instrumen dan vokalnya biasa digelar untuk mengiringi acara Walimatut-Tasmiyyah [pemberian nama pada seorang bayi yang baru dilahirkan]. Anda masih berminat ? Silakan lihat rincian harganya, atau bisa langsung memilih komposisi gambar di samping [Kelas Standard kricik Plat Chroom] dengan harga sudah sampai ke wilayah Anda di daerah Jawa via jasa paket LTH. 
Kelas Standard 5 rebana type SMS357/Plat Chroom+Tamrien Stainless+Bass Drum 16"/St Rp 2,125,000. Kelas Standard 5 rebana type SMS357/Kuningan+Tamrien PVC one body+Bass Drum 16"/Sp Rp 2,862,500 Kelas Super 5 rebana type SNS357/Kuningan+Tamrien PVC double body+Bass Drum 18"/Sp Rp 3,487,500

Sumber: http://www.solichin-toip.com/p/rebana-diba-versi-banyumas.html

0 komentar: