Bagi Wawasan

Minggu, 27 November 2016

CGI, Teknologi yang Wujudkan Segala Imajinasi Sutradara Film




Jika Anda sudah menonton film Fast & Furious 7 pasti telah melihat sosok Paul Walker masih berperan sebagai Brian O’Conner. Padahal, kita semua tahu jika Paul Walker telah meninggal dunia saat proses pembuatan film ini masih berlangsung. Bagaimana sosok Paul Walker dapat hidup kembali? Teknologi memegang peranan penting dalam hal ini.

Sosok Paul Walker dapat ‘dihidupkan’ kembali dengan memanfaatkan teknologi CGI. Apa itu CGI? CGI (Computer Generated Imagery) merupakan proses pembuatan tokoh atau gambar dengan menggunakan software di komputer. Dengan menggunakan CGI, sang Sutradara dapat mewujudkan seluruh imajinasinya dalam proses pembuatan film. Bahkan, hasilnya pun dapat membuat gambar tersebut menjadi seolah-olah benar-benar ada. Penerapan CGI juga merupakan salah satu bagian dari penambahan special effect dalam proses pembuatan film.

CGI dapat dibuat dalam bentuk 2D ataupun 3D. CGI 2D biasanya diterapkan pada bidang yang datar. Contoh-contoh obyek yang dibuat dengan CGI 2D adalah tokoh kartun dan bentuk-bentuk geometrik. Software yang digunakan untuk membuat biasanya adalah Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, GNU Image Manipulation Program, CorelPaint dan CorelDraw, serta AutoCAD.

Selain 2D, CGI juga dapat menghasilkan obyek 3D. CGI 3D memungkinkan Anda untuk membuat obyek dengan bentuk, tekstur, pencahayaan, bahkan obyek tersebut dapat bergerak seolah-olah menjadi nyata. CGI 3D biasanya diaplikasikan dalam pembuatan obyek manusia, hewan, lingkungan, dan lain-lain. Software yang digunakan didalamnya biasanya adalah Autodesk 3Ds Max, Autodesk Maya, Blender, Cinema 4D Studio, Sketchup, Lightwave 3D, dan lain-lain.

CGI berbeda dengan animasi atau film kartun pada umumnya. Proses pembuatan film kartun biasanya dimulai dengan menggambar tokoh atau karakter dalam film secara manual. Sedangkan CGI membuat karakter tokohnya dengan menggunakan software tertentu di komputer. Film kartun saat ini juga banyak yang telah menerapkan teknologi CGI karena dianggap lebih cepat proses pembuatannya walaupun membutuhkan biaya yang cukup mahal. Beberapa contoh film kartun yang belum menggunakan teknologi CGI antara lain adalah film Pinocchio, Aladin, 101 Dalmantion, Mickey Mouse, dan lain-lain. Sedangkan beberapa contoh film kartun yang telah menerapkan teknologi CGI adalah Toy Story, Cars, Wall-e, Finding Nemo, The Incredibles, Monster Inc, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Paul Walker dapat kembali muncul di Film Fast & Furious 7? Sang Sutradara, James Wan, mengatakan sosok Brian O’Conner diperankan oleh dua saudara Paul Walker, yakni Cody dan Caleb Walker pada beberapa adegan yang diambil setelah wafatnya Paul Walker. Dengan berbagai teknik CGI yang dilakukan, wajah kedua saudara Paul Walker ini dibuat sedemikian rupa sehingga penonton seolah-olah tetap melihat Paul Walker yang asli.

Sumber dari https://www.selasar.com/kreatif/cgi-teknologi-yang-wujudkan-segala-imajinasi-sutradara-film

0 komentar: