Bagi Wawasan

Minggu, 27 November 2016

John Nash

A Beautiful Mind


Film Amerika produksi tahun 2001 ini merupakan film drama berdasarkan kehidupan John Nash, seorang pemenang Nobel dalam bidang ekonomi. Film ini disutradarai oleh Ron Howard yang terinspirasi dari buku terlaris karya Sylvia Nasar dengan judul sama yang masuk nominasi Pulitzer di tahun 1998. Film ini dibintangi Russell Crowe, bersama Ed Harris, Jennifer Connelly, Paul Bettany, Adam Goldberg, Judd Hirsch, Josh Lucas, Anthony Rapp, dan Christopher Plummer.

Cerita berawal dari kelulusan Nash dari Universitas Princeton dimana ia mulai menderita paranoid schizophrenia dan kondisi delusional. Keadaan ini membuat kehidupan bersama istrinya, Alicia, dan teman-temannya menjadi terbebani.

Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 21 Desember 2001 dan meraih pendapatan di seluruh dunia sekitar 313 juta dollar serta memenangkan 4 piala Oscar. Film ini diterima dengan baik oleh para kritikus meskipun mendapat kritik mengenai ketidakakuratannya menggabarkan beberapa sisi kehidupan Nash, terutama keluarganya yang lain dan anak lelakinya yang lahir di luar nikah.


Sumber dari http://4muda.com/10-film-biografi-tokoh-ternama-terbaik/

0 komentar: