Bagi Wawasan

Sabtu, 26 November 2016

Pengertian Rebana Alat Musik Tradisional Asal Timur Tengah




Pengertian Rebana alat musik tradisional yang berasal dari Timur Tengah dan terdapat hampir diseluruh Indonesia. Rebana merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari daerah timur tengah. Biasa digunakan pada saat adanya acara kesenian. Alat musik ini beredar luas dan berkembangan Negara Asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei dan Singapura. Kita sering menjumpai penggunaan rebana saat ada pementasan kasidah.

Pada musik gambus, kasidah dan hadroh adalah jenis kesenian yang sering menggunakan rebana. Di Indonesia terdapat Desa Kaliwadas, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang menghasilkan ribuan rebana dan dijual ke pasar domestik dan internasional.

Jenis

Jenis rebana yang berkembang di Indonesia terdapat beberapa jenis dan merupakan ciri khas dari kultur dan budaya daerah tertentu. Jenis yang paling umum adalah :

    Rebana Banjar
    Rebana Biang
    Jidor
    Kompang
    Marawis
    Samroh
    Hadroh

Bentuk

Rebana merupakan gendang yang berbentuk bundar dan pipih dan terbuat dari bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut. Salah satu sisi berlapis kulit kambing yang pada bagian inilah yang akan ditepuk. Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh.

Di Negara Malaysia terdapat juga rebana besar yang diberi nama Rebana Ubi yang biasa dimainkan pada hari-hari raya untuk mempertandingkan bunyi dan irama.

Di daerah Asia selatan meliputi Pakistan, India, Bangladesh, Maladewa dan sekitarnya seni rebana juga sangat ramai digunakan. Namun latar belakang sejarah, varian alat musik dan senandungnya sedikit banyak juga berbeda.

( Sumber : http://dunia-kesenian.blogspot.co.id )

0 komentar: