Bagi Wawasan

Minggu, 27 November 2016

Penjelasan Tentang CGI dan Manfaatnya


    Sekuel dari The Avengers yang menggabungkan jagoan-jagoan Marvel (Iron Man, Thor, Captain America, Hulk, Hawkeye, Black Widow dkk) ini memang sudah ditunggu-tunggu oleh para penggila komik Marvel dan penggemar film-film Hollywood. Tekanan yang diemban sutradara Joss Whedon memang sangat berat, mengingat sukses besar The Avengers, seri pertama franchise Avengers. Tampilan visualisasi yang cukup menarik dan dijamin tidak membuat penonyon mengalami bosan sedetikpun. Setidaknya sepuluh perusahaan efek visual dikreditkan untuk pekerjaan mereka pada perakitan diantisipasi Marvel The Avengers. Dan sekarang Mike Seymour dari fxguide telah mengumpulkan kumuh di semua studio VFX. Coba kita lihat video berikut ini.
   Setelah melihat video ini, gue tertarik untuk membahas apa yang ada dibalik layar dari film ini terutama teknik CGI, VFX, dan green screne. Dari cuplikasi video diatas, tentunya sebuah film membutuhkan ruang hijau untuk memanipulasi kembali dengan teknik CGI. Dengan memanfaatkan aktor yang sudah beraksi kemudian memasukkan hasil fotografer sebagai gambar foto dan nantinya diolah kembali oleh ahli komputer grafik. Sebelumnya kita perkenalan dulu dengan yang namanya CGI.

CGI (Computer Generated Image)
   Computer-generated image adalah penerapan grafis 3D atau dikhususkan untuk bidang komputer grafis dimana dikhususkan efek khusus dalam film, program televisi, commercials, dan simulasi umumnya. CGI digunakan untuk efek visual komputer karena efek yang dihasilkan akan lebih terkontrol, seperti membangun miniatur untuk efek gambar atau memperkerjakan tambahan untuk adegan keramaian. Hal ini juga mudah mendapatkan seorang seniman atau prosedur untuk menghasilkan konten tanpa menggunakan aktor, pelayanan yang mahal.

Software komputer seperti 3ds max dan open source Blender, LightWave 3D, dan Maya Softimage AutoDesk digunakan untuk mengelola gambar yang dihasilkan komputer untuk film dll. Perusahaan-perusahaan kecil bisa menghasilkan sebuah profesional grade film dari komputer. Hal ini yang bisa membawa tentang internet subkultur dari SCGI itu sendiri secara global.

Contoh tentang teknologi CGI dan VFX dalam film X-Men Days of The Future Past - See more at: http://denotnote.blogspot.co.id/2015/10/cgi-dan-vfx-marvel-studio.html#sthash.c7ykzVXQ.dpuf

Sumber dari http://denotnote.blogspot.co.id/2015/10/cgi-dan-vfx-marvel-studio.html

0 komentar: