Bagi Wawasan

Rabu, 30 November 2016

Pengertian dan istilah GUI dan CLI

Pengertian GUI dan CLI

Pengertian GUI dan CLI. Sebelumnya, saya minta maaf nih kepada kakak-kakak sekalian. Saya baru bisa buat artikel baru dikarenakan masih menempuh Ulangan Umum. Hehehehehehe... Okay, kembali ke tema artikel mengenai Pengertian GUI dan CLI. Tentu kakak-kakak pernah mendengar tentang GUI dan CLI. Bagi kakak-kakak yang belum mengetahuinya pasti bertanya-tanya tentang Pengertian GUI dan CLI. Tapi, bagi kakak-kakak yang sudah mengetahui Pengertian GUI dan CLI mohon untuk ralat atau menambahi ilmu kakak pada artikel saya mengenai Pengertian GUI dan CLI versi saya ini yah. Hehehehehe.. Okeh, tanpa basa-basi lagi, silahkan membaca artikel saya mengenai Pengertian GUI dan CLI versi saya :D
Antarmuka pada sistem operasi atau komputer terbagi menjadi 2 jenis, yaitu GUI dan CLI.
GUI (Graphical User Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu grafis agar mempermudah para pengguna-nya untuk berinteraksi dengan komputer atau sistem operasi.



Jadi, GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu ya seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.


Contoh sistem operasi yang menggunakan GUI adalah Linux dengan distro Mandriva menggunakan Desktop Environment KDE (Lihat juga Pengertian Desktop Environment), dan juga sistem operasi Windows 7 Ultimate yang menggunakan GUI-nya sendiri.

CLI (Command Line Interface), adalah antarmuka pada sistem operasi atau komputer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikkan dari keyboard untuk berinteraksi denga sistem operasi atau komputer tersebut.

0 komentar: